Tour de Linux di CEBIT 1999

CEBIT merupakan pameran yang berfokus pada teknologi informasi, dan telekomunikasi terbesar di dunia, yang diselenggarakan di Hannover. Pameran ini diikuti oleh sekitar 7500 peserta dari 60 negara, dan diliput oleh sekitar 9000 jurnalis. Pelaksanaan pameran ini didukung oleh sekitar 80.000 petugas. Pameran diselenggarakan di lokasi seluas 969.500 kuadrat meter, terdiri dari 28 hall dengan luas lokasi pameran sekitar 387.000 kuadrat meter. Membutuhkan waktu cukup lama untuk berjalan dari pintu masuk hingga ke bagian belakang sekitar 45 menit. Tahun 1999, CEBIT diselenggarakan dari tanggal 18 hingga 24 Maret 1999 dengan ticket masuk seharga 60 DM untuk karcis harian, dan 140 DM untuk karcis terusan. Sedangkan bagi pelajar dan mahasiswa disediakan potongan harga pada tanggal 21 dan 24 Maret yaitu menjadi seharaga 25 DM.

Tidak mengherankan bila Linux mendapat tempat yang khusus di khalayak Jerman ini, mengingat Linux dapat menawarkan kesempatan bagi produk lokal untuk berperan di dunia global seperti StarDivision GmbH, Adabas, dan SuSE GmbH. Di samping itu sebagai masyarakat yang sangat berorientasi kepada hal teknis, mereka jauh lebih tertarik kepada kemampuan teknis yang ditawarkan oleh Linux ketimbang pernyataan iklan dan pemasaran. Salah satu yang menjadi pokok perhatian bagi khalayak Jerman pada suatu pameran komputer adalah kesempatan terbukanya lapangan kerja. Tampaknya Linux menawarkan kemungkinan terbukanya lapangan kerja bagi orang Jerman, sehingga mereka menjadi sangat antusias dengan Linux. Tampak di CEBIT bahwa bisnis dukungan teknis untuk Linux memiliki masa depan yang cukup cerah. Baik melalui email, telfon atau penyediaan jasa dukungan teknis secara lengkap. Hal inilah yang membuat Linux makin populer di Jerman.

 

 

Dalam kereta api menuju Hannover yang diisi oleh para calon pengunjung CEBIT, banyak sekali pembicaraan para calon pengunjung ini berkisar mengenai Linux. Persoalan perbandingan dengan sistem operasi yang populer di pasaran menjadi begitu banyak terdengar. Sebagian besar mengeluh karena ketidak-stabilan sistem operasi Windows. Ditambah lagi pada minggu ini ada 2 majalah komputer di Jerman, yaitu PC Intern yang memberikan supplement CD Linux SuSE 6.0 dengan beragam aplikasi dan memberi bahasan total mengenai seluk beluk Linux bagi pemula. Begitu juga Internet Profesionelle yang memberikan CD Linux SuSE 6.0 juga. Sehingga dapat dikatakan histeria massa dengan Linux mulai terbentuk pada minggu sebelum CEBIT 1999 ini.

Sebetulnya banyak perusahaan yang berkaitan dengan Linux lainnya yang ingin mengikuti CEBIT ini, tetapi terbentur pada faktor ketersediaan stand. Seluruh stand telah dibooking, padahal pendarfataran harus dilakukan 1 tahun sebelumnya. Karena bisa dikatakan Linux Boom terjadi 6 bulan yang lalu, maka sulit bagi perusahaan tersebut untuk berpartisipasi dalam CEBIT ini. Mungkin di tahun mendatang akan kita temui stand yang memiliki logo Penguin ini akan semakin banyak. Linux boom makin terasa mulai pada acara LinuxWorld pada tanggal 1 hingga 4 Maret 1999 di Silicon Valley, dengan diisi begitu banyak pernyataan dukungan dari berbagai vendor, dari IBM, yang akan menyediakan dukungan teknis 24 jam 7 hari, Pacific High Tech, dan berbagai kerja sama yang melibatkan Caldera, Red Hat serta SuSE.

Perjalanan akan kita mulai dari hall 1 hingga ke hall-hall selanjutnya mengunjungi stand yang memiliki kaitannya dengan si Penguin ini.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: