Masalah-masalah Grafika Komputer

1. Graphics Card AGP – Menghindari System Crash Saat Bermain Game 3D

Saya punya sistem PC dengan memori 1 GB, CPU Intel 2.8 GHz dan graphics card AGP NVIDIA 6600. Anehnya setiap kali bermain game 3D, sistem selalu crash.

Jawab: Kemungkinan kinerja graphics card berlebihan saat harus memproses tekstur-tekstur yang rumit dan cepat. Setiap graphics card AGP bisa bekerja cepat bila memori utama yang dicadangkan untuk graphics lebih besar daripada memori video itu sendiri. Konfigurasi ini dapat diatur melalui option “Aperture Size” dalam BIOS. Apabila Anda memiliki memori sebesar 1 GB, graphics bisa diatur sampai 128 MB atau bahkan sampai 256 MB. Tambahkan “Aperture Size” sampai PC bisa berjalan stabil saat bermain game 3D.

2.Soundcard – Mengatasi Gangguan Sound Pada Half-Life 2

Setiap kali memainkan game 3D Half-Life 2, suara terganggu atau malah kadang tidak berfungsi sama sekali. Saya khawatir sistem sound rusak dan harus mengganti motherboard. Saya memakai sound onboard.

Jawab: Kerusakan bukan di PC Anda, hanya pada Codec chip Sound-nya saja. Game Half-Life 2 merupakan game baru, sehingga Sound-Codec harus disesuaikan juga. Jika motherboard Anda dilengkapi dengan chip Realtek tipe ALC 650/850/880, gangguan ini dapat diatasi dengan update driver ke versi 3.69 (www.realtek.com.tw). Apabila motherboard menggunakan Onboard-Soundchip dari C-Media (misalnya, CMI9880, Azalia-Codec), Anda perlu meng-install Microsoft High Definition Audio Bus Driver (HDA) dan Codec baru dari C-Media (www.cmedia-com.tw/e_download_01.htm). Download HDA bisa juga diperoleh melalui link pada Website C-Media.

3. Graphics Card SLI – Dukungan Game Lebih Banyak

Agar dapat memainkan game lebih cepat lagi, saya melengkapi PC dengan motherboard nForce4 SLI (Scalable Link Interface) dan graphics card SLI. Lama kelamaan, tidak banyak game yang mendukung mode SLI selain game yang disebut dalam “Game Profile” pada driver graphics card. Bagaimana caranya agar game lain mendukung mode SLI?

Jawab: Freeware nHancer (NVIDIA Profile Editor) dari produsen Yape (download melalui http://www.guru3d.com) dapat mengaktifkan mode SLI untuk berbagai game yang tidak tercantum dalam “Game-Profile” driver graphics card. Untuk menggunakan tool nHancer, diperlukan komponen “Dot-Net-Framework” dari Microsoft (www.microsoft.com) untuk mengintegrasikan nHancer ke dalam driver graphics card. Setelah instalasi, jalankan nHancer. Sekarang, klik tombol “SLI”. Pada kolom dialog “Executables”, masukkan nama game yang telah di-install. Untuk menambah game, bisa juga dengan mengklik tombol ”Add” dan arahkan ke file EXE game yang diinginkan. Sekarang, masuklah ke jendela “Profiles”. Tandai game tersebut dengan mengkliknya. Sebelum menjalankan game ini untuk pertama kalinya, aktifkan mode SLI dalam menu “SLI”. Pada dialog kanan, pilih option “Alternate Frame Rendering” dan “Split Frame Rendering”. Game-game aktual biasanya hanya mendukung kedua metode rendering ini. Untuk mencari metode SLI yang sesuai, satu-satunya jalan hanya dengan mencobanya. Namun, hasilnya cukup memuaskan. Saat diuji, kinerja game Gothic II meningkat sekitar 55 persen setelah mengaktifkan mode SLI dari 42 fps menjadi 65 fps.

bugsli.png


4. Prosesor – Overlock Mac Mini

Saya penggemar berat Apple, ketika Mac mini keluar saya langsung membelinya. Secara umum saya suka ukurannya yang mungil dan kinerjanya pun cukup baik. Saya ingin menanyakan apakah Mac mini ini bisa di-overclock agar kinerjanya lebih meningkat lagi?

Jawab: Di beberapa forum luar negeri tersebar kabar menarik seputar peningkatan kinerja Mac mini dengan melakukan teknik overcloking. CHIP telah menguji sebuah metode untuk menaikkan clock frekuensi prosesor Mac dari 1.25 GHz menjadi 1.58 GHz. Apabila diukur, kenaikannya mencapai 16 persen. Berikut cara melakukannya dengan tepat. Perhatikan bahwa modifikasi ini dapat menyebabkan garansi tidak berlaku. CHIP tidak bertanggung jawab terhadap risiko yang timbul.

Untuk menaikkan clock prosesor Apple, buka dahulu casing Mac mini (petunjuknya bisa dilihat melalui http://www.smashworld.com/ uploads/macminidl.php). Setelah casing terbuka, perhatikan motherboard-nya (lihat gambar di samping bawah). Untuk clock frekuensi CPU Apple, perhatikan sekumpulan resistor (lihat zoom dalam gambar) yang berfungsi untuk mengkonfigurasi multiplier CPU. Untuk menaikkan clock, resistor harus dimodifikasi dengan menggunakan solder

bugcpu.jpg

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: