SISTEM INFORMASI PEMASARAN RUMAH SAKIT BERBASIS REKAM MEDIS

Penyusun Naskah :
Direktur Rumah Sakit Daerah dr. H. Moh. Anwar Sumenep
( dr. H. Dzulkifli Machmudz, MSi )

….. Sistem Informasi Pemasaran Rumah Sakit dalam bentuk program komputer masih jarang, dan program ini akan merupakan sistem informasi yang lengkap, mulai dari data sampai aplikasi. Mulai dari pengumpulan data yang relevan, kemudian diolah menjadi informasi yang berguna, lalu digunakan untuk pengambilan keputusan yang tepat, akhirnya dapat dioperasionalkan dalam bentuk aplikasi yang realistik. Dengan demikian, akan  membimbing Manager Pemasaran Rumah Sakit, untuk bekerja secara urut dan terarah,  seperti gambar 9 berikut.

Gambar 9: Program Komputer SIPRS-B-RM

Kegunaan yang dapat diharapkan antara lain seperti berikut ini,

  1. Pengembangan Sistem Informasi Pemasaran Rumah Sakit Berbasis Rekam Medis (SIPRS-B-RM).
  2. Merupakan salah satu upaya Peningkatan dan Pengembangan Manajemen Rumah Sakit, di bidang pemasaran rumah sakit, karena Program Komputer Sistem Informasi Pemasaran Rumah Sakit Berbasis Rekam Medik (PK-SIPRS-B-RM) yang terbentuk, dapat digunakan oleh Manajer Rumah Sakit dalam rangka pengambilan keputusan yang bermanfaat bagi pemasaran rumah sakit.

Tahapan pengembangan Pemasaran Rumah Sakit, yang sekaligus dapat menggambarkan pentingnya Sistem Informasi adalah sebagai berikut.

  1. Keadaan yang ada di RS berupa data pelayanan serta keadaan sekitar yang relevan.
  2. Sistem informasi yang akan mengolah data menjadi informasi yang berguna.
  3. Pengambilan keputusan yang di ambil dengan informasi yang akurat dan relevan akan menghasilkan keputusan yang tepat.
  4. Program pemasaran akan terbentuk dan prospektif karena dukungan pengambilan keputusan yang tepat.

Keterkaitan keempat hal di atas terlihat seperti gambar 10 berikut ini.

Gambar 10: Tahapan Pengembangan Pemasaran RS

Dari gambaran di atas terlihat sistem informasi akan menjadi jembatan dalam membuat keputusan yang tepat. Selain itu sistem informasi tetap memerlukan data yang benar, tanpa data yang benar akan menghasilkan informasi yang tidak benar pula. Akan tetapi peran manajer tetap penting dalam hal kemampuan untuk membuat keputusan. Sistem informasi yang canggih tetap tak akan berarti bila manajer tak mampu menggunakannya secara relevan …..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: